Home » » Mengulas Qualcomm Snapdragon 800

Mengulas Qualcomm Snapdragon 800

Prosesor...
Berbicara tentang prosesor ponsel pintar, banyak developer ternama khususnya nama Qualcomm Snapdragon.
Topik postingan sekarang, penulis akan flash back prosesor seri 800 dari Qualcomm, hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk penulis, dikarenakan ketika tidak sengaja berselancar dan menemukan pembahasan tentang jaringan LTE atau 4G, sudah bukan rahasia umum bahwa chipset berpengaruh penting untuk pembaruan teknologi.
Ketika ada pembahasan mengenai Mi3 yang disinyalir berkemungkinan untuk support 4G, karena dengan spek bawaan chipset yang kita bahas sekarang.

snapdragon 800

Lalu dengan antusias saya mencari informasi di berbagai blog, web, bahkan forum miui sendiri, dari berbagai informasi yang saya dapat, kemudian saya simpulkan dengan mengunjungi situs resmi pembuat Prosesor.

Dapat kita ketahui bahwa seri 800 memiliki 4 part number :
- 8674
- 8974
- 8074
- 8274

spek snapdragon 800

Memang spek yang terpampang pada situsnya dapat dilihat, bahwa chipset tersebut support dukungan 4G LTE, namun ketika saya mencari informasi rincinya, seperti yang saya sebutkan diatas, ternyata part number tertentulah yang support 4G LTE, dan part number tersebut adalah MSM8974 baik AB ataupun AC.

Nah..  AC itu saya dapatkan di seri Snapdragon 801 MSM8974AC.
Untuk seri-seri selanjutnya anda tidak perlu repot-repot mencari part number, karena semua keluaran terbaru support 4G LTE, bahkan tidak hanya untuk 800 series, seperti Snapdragon 410 dan lainya. Kemudian ketika di forum saya melihat dan mempelajari apa yang tengah mereka diskusikan, intinya adalah bahwa ada beberapa fakta seperti :
CPU-Z, Antutu Benchmark mengidentifikasi perangkat melalui script (build.prop). Untuk build prop sendiri anda akan paham ketika anda mempelajari sistem pada ponsel pintar anda, namun untuk anda tipikal secure user, untuk melihat script ini, anda harus menembus pengamanan sistem ponsel anda seperti Rooting.

Kembali ke poin utama, intinya prosesor ini memang mampu mendukung 4G, namun tidak semua prosesor seri 800 mampu mendukung jaringan 4G, intinya jika pada ponsel anda memiliki spek ber-chipset Qualcomm Snapdragon 800, lalu memiliki jaringan HSPA+ stuck disitu, atau penerimaan data maksimalnya terhenti disitu, berarti part number chip anda memang tidak support 4G.

Tidak penting anda berspekulasi bahwa di CPU-Z terindeks 8974AB atau di Antutu Benchmark terindeks 8974AB, seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa aplikasi tersebut terkadang membaca informasi pada script bild prop, ketika build prop tertulis 8974 maka akan dikenal seperti itu, bahkan ketika anda mengedit build prop seperti contoh mengganti nama device dari sony z2 ke nama anda, maka setelah pengubahan nama di build prop, sistem akan menyimpan dan informasi tersebut dikenal oleh sistem ponsel anda sendiri dengan nama anda, bahkan aplikasi pihak ketiga akan mengenalnya demikian.

Beda cerita ketika nanti ada pembaruan sistem untuk aplikasi pengindeks, mekanisme kinerjanya tidak lagi mengidentifikasi dari informasi sistem yang mudah untuk di edit, melainkan real dari hardware terkait.

© If you want to copy Article, please provide the source

1 komentar:

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru

Advertisement