Home » » Apa Itu VPN Android Atau PC

Apa Itu VPN Android Atau PC

Kalian pernah mendengar istilah VPN Network ?
Atau kalian sering menjumpainya namun tidak mengerti apa fungsinya. Pada perangkat PC mungkin sudah familiar dengan yang namanya jaringan VPN namun dengan adanya smartphone beberapa tahun terakhir ini, vpn dikenal bahkan oleh khalayak umum, namun dalam konsep mengenal bukan memahami.

VPN atau Virtual Private Network berfungsi sebagai jaringan aman atau dengan kata lain kita melindungi diri dari jaringan open public yang mana semua yang tengah kita lakukan dapat dipantau oleh beberapa pihak eksternal, contoh anda menggunakan provider A maka ketika anda berselancar dalam dunia maya, itu tidak menjamin bahwa apa yang anda lakukan tidak diketahui, pihak provider A khususnya mengetahui lalu lintas aktivitas yang anda lakukan dan pastinya yang terpenting menghitung bandwidth (kuota) penggunaan.

Dari mana mereka mengetahui lalu lintas itu, tidak lain dan tidak bukan dari alamat ip dan dns handset contohnya, lalu dengan anda menggunakan jaringan internet vpn entah itu socket standar seperti PPTP atau yang lebih kompleks lagi, maka secara khusus anda mengirimkan data lalu lintas yang sudah di enkripsi, enkripsi sendiri yang berarti numeric code tertentu yang harus di deskripsikan untuk mengetahui isi dari hasil yang di enkripsi.

Dengan kata lain sederhananya anda meng-enkripsi setiap lalu lintas yang anda lakukan agar jaringan lebih pribadi bagi anda. Mirip seperti browser Thor fungsinya ketika anda mengakses .onion
Hanya saja Browser thor memiliki server nya sendiri selain itu setiap lalu lintas yang ada menggunakan ip browser bukan handset, sehingga penggunaanya lebih sederhana namun kompleks dan tetap saja kehati-hatian harus, karena setiap sistem memiliki celah (bugs).

Apa itu VPN

Secara umum itu yang dapat saya gambarkan mengenai VPN, detailnya anda bisa pelajari lebih lanjut masing-masing.

Lalu ? Dapatkah anda membuat jaringan VPN sendiri ?
Jawaban : Bisa jika anda membuat VPN server
Bagaimana cara membuat VPN server sendiri ?
Anda harus memiliki server yang always on agar kinerjanya maksimal, artinya anda harus menyediakan alokasi budget untuk membuat server yang baik.

VPN Server ? Berarti VPN yang dibuat dapat digunakan dimana saja karena memiliki server ?
Jawaban : Yups, tepat sekali, seperti server penyimpanan file, anda dapat mengakses nya kapanpun dimanapun, karena setiap berbicara server, yang artinya pusat layanan setiap bentuk komputasi dan berjalan otomatis tergantung konsep fungsinya.

Dapatkah saya menggunakan jaringan VPN pihak ketiga contohnya menggunakan aplikasi ?
Jawaban : Bisa, mayoritas justru individual menggunakan layanan free VPN banyak developer yang menyediakan mulai dari free hingga berbayar.
Samakah keamananya dengan membuat jaringan VPN sendiri ?
Jawaban : Kinerja sama namun anda tidak menciptakan dinding pemisah antara developer dan anda, ketika katakan developer memperhatikan anda, mereka mengetahui lalu lintas anda, karena mereka yang memiliki servernya sendiri.

Setiap anda memisahkan synchronisation antara, anda menciptakan perlindungan lebih pribadi, namun perlu di ingat, developer terpercaya tidak akan melakukan hal konyol.

© If you want to copy Article, please provide the source

1 komentar:



  1. Nice Post...you are all ways comming out with some grate stuff fallout 4 nexus

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru

Advertisement