Home » » Menjalankan Script Auto Run Boot

Menjalankan Script Auto Run Boot

Jika membahas masalah ini kita akan kental sekali dengan yang namanya init.d Memang pada dasarnya poin terpenting dari tweak script android adalah init.d tanpanya anda tidak bisa menyisipkan sedikit maupun banyak script perintah pada system. Biasanya anda akan menyetel chmod 0755 untuk auto run boot, nah berdasarkan pengalaman yang saya alami, terkadang script yang kita simpan di folder init.d dan dengan permission chmod 0755 tidak running sesuai yang diharapkan.
Lalu sebenarnya dimana letak kesalahan pada script yang kita simpan, setelah kita coba script tersebut pada terminal emulator baik dan berjalan, namun tidak running auto boot ketika di setel sedemikian rupa ?

Sebenarnya tidak ada kesalahan, hanya perangkat lunak (OS) gadget tidak diperintahkan untuk mematuhi perintah di lokasi init.d, lebih tepatnya unknown sorce, don't running. Kenapa juga harus tidak running, perlu anda ketahui, semakin anda memperbarui versi android seperti lollipop, Marshmallow, berarti juga securitynya lebih optimal lagi, tapi dipengaruhi juga oleh rom buatan vendor, atau custom rom.

Berita baiknya, banyak pengembang aplikasi sekarang ini berlomba untuk mengoptimalkan bugs bugs celah kekurangan yang ada, misalnya pengembang aplikasi untuk membuat script auto running yang kita simpan di local directory seperti internal sdcard ataupun external sdcard. Saya ada satu referensi aplikasi yang patut anda coba, nama aplikasinya init.d scripts download saja di play store.

Seperti namanya aplikasi ini, membantu anda yang kesulitan membuat script auto run in boot, yang diletakan di folder system/init.d, dengan menggunakan aplikasi ini bahkan anda tidak perlu repot memindahkan script anda ke folder init.d hanya tinggal langsung jalankan saja script di local directory.

Bagaimana cara penggunaan aplikasi ini ?
Jawabanya sederhana saja lihat gambar dibawah ini.

Init.d script auto run boot

Dipoin ketiga dimana letak script yang anda buat, dan ingin jalankan ketika boot up, jadi poin keriga dikatakan poin penting pada langkah menjalankan aplikasi ini, yang lainya optional, jelasnya anda setel sedemikian rupa misal, script berjalan ketika setelah 10 detik boot up (start up), jika poin 1,2,4, dll, sudah sesuai dengan yang anda pilih, tinggal tap poin kelima (run script). Reboot & enjoy it.

Note :
Folder poin ketiga.
Example :
Lokasi script :
Sdcard/boot/auto/run (script di folder ini)
Maka ketika sampai di folder run langsung tap icon disket dipojok kanan atas (lebih kita kenal icon save).

Khusus untuk miui ROM
Sebelum reboot lakukan dua step perijinian pada aplikasi ini.
1. Masuk aplikasi Security (Keamanan/autostart/ijinkan aplikasi autostart)
2. Munculkan menu recent application dan lock aplikasi ini.
Selesai.

© If you want to copy Article, please provide the source

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika sempat, klik notify me/beritahu saya, agar ketika saya balas, ada pemberitahuan.
• Baru Mei 2015.
- No URL Promosi (except Open ID)
- No Live Link
- No Sara
- No Spamming

Posting Terbaru

Advertisement